Pada postingan saya yang lalu telah diuraikan tentang cara membuat theme secara online via web. Pada kali ini, saya akan menjelaskan cara membuat tema sendiri via ponsel sony ericsson. Tentunya tema yang dihasilkanpun khusus untuk hp sony ericsson dengan file(.thm). Penasaran? Yuk ikuti tips dari saya:

1. Siapkan aplikasi theme creator.Jar atau mobile tar.Jar dan aplikasi mobyexplorer.Jar

2. Buat 2 buah folder baru di dalam galery dengan nama apa saja. Misal, nama folder “extrak” dan “packing”.

3. Buka aplikasi theme creator. Pilih extracting arcive->select->pilih tema yang akan diedit langsung dari folder tema, atau jika hp anda tidak support membuka folder tema, anda harus mendownload tema yang sudah jadi dulu dengan opera mini 3.11 dan simpan di other/lain. Berarti pada saat extracting arcive, anda pilih tema dari menu other tadi. Kemudian tekan ‘extrak to’. Pilih folder ‘extrak’ yang kamu buat tadi di dalam galery. Lalu keluar dari aplikasi tersebut.

4. Buka folder extrak buatan kamu, lihat di sana terdapat file-file hasil extrak tadi. Selanjutnya, siapkan foto kamu yang akan dijadikan tema. Prosesnya, kamu buka galery foto, pilih satu atau dua. Lalu pindahkan foto tersebut ke folder ‘packing’ buatan kamu tadi. Ubahlah nama foto kamu sama dengan nama file-file hasil extrak.

5. Setelah gambar berhasil dipindahkan ke ‘packing’ dengan nama baru, Pindahkan juga file ‘.xml’ yang ada dalam folder ‘extrak’ ke folder ‘packing’ dengan aplikasi mobyexplorer, karena memindahkan langsung file tersebut dengan menu hp saja tidak mungkin bisa.

6. Langkah terakhir, buka kembali aplikasi theme creator. Pilih ‘packing archive’, lalu select, dan pilih folder ‘packing’ tadi. Tekan ‘packing to’. Pilih folder target untuk menyimpan hasil tema kamu, bisa di folder tema atau galeri foto, terserah. Dibawahnya, isi model telephon kamu, jenis file .thm, dan nama tema kamu. Dibawahnya lagi ada 2 buah kotak, Centrang semua. Lalu pilih ‘Do it’ kemudian akan muncul gambar yang ada kotak centrangnya. Tekan pilihan, lalu tekan next/lanjut. Jika sudah, akan muncul finish. Tekan finish, lalu keluar dari aplikasi. Jadi deh tema kamu. Catatan: jika kamu sudah pernah membuat tema dengan langkah di atas, untuk membuat tema-tema selanjutnya sangat mudah. Tidak perlu membuat folder extrak lagi. Langsung saja ke langkah yang ke-6. Tinggal mengganti gambar/fotonya saja dengan nama gambar yang sama di folder packing. Saran saya, pilih tema asli yang mudah saja, yang hasil extraknya cuma 2 atau 3 gambar agar lebih mudah membuatnya. Moga bermanfaat.