Operamini telah mengalami beberapa perkembangan, dari versi 1, 2, 3, 4, sampai versi 5. Namun yang perlu kita kaji adalah fitur-fitur didalamnya. Setiap operamini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Operamini 4.1/4.2 mampu membuka halaman web secara full, sedangkan opmin 3.11/3.12 tidak bisa, hanya tampilan mobile saja. Meski demikian, banyak kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh opmin v.3. Beberapa kelebihan opmin v3.11/v3.12 adalah:
1. Mampu mendownload semua jenis file baik untuk HP maupun file untuk komputer (exe dll). Hal ini bisa dilakukan dengan fasilitas download managernya. Caranya, ketika sampai pada menu download, klik “download” jangan klik “wap browser”. Pilih penyimpanan file sesuka anda karena hasil downloadnya masih berbentuk file baku yang belum terinstal. Jadi, jika file nya support dengan HP kita seperti jar, sis dsb, tinggal tekan saja install. Untuk file yang tidak support HP tinggal kirim saja via blutoot. Untuk file audio dan video langsung menginstal sendiri.
2. Karena file downloadnya masih baku, kita bisa mengirim kembali file aplikasi atau game ke HP lain.
3. Opmin ini dilengkapi dengan file manager dengan kelebihan hampir sama dengan Mobyeksplorer dan file manager yang lain. Dengan fasilitas ini, kita bisa membuat file .txt dari sebuah artikel di halaman web. Jadi, saat anda browsing menemukan sebuah artikel yang bagus, anda bisa mendapatkan artikel tersebut tanpa harus mengetik atau mengcopy ulang. Caranya, tekan menu->halaman->conten->teks/semua. Maka akan tampil seluruh halaman web tersebut seperti dalam sms atau catatan. Lalu anda tekan opsi/pilihan, tekan eksport, pilih lokasi penyimpanan file, tekan simp.Win/simp.UTF, lalu tulis nama file anda didepan .txt, cotoh: Tips internet gratis.txt lalu Ok. Lihat hasilnya.
4. Dapat menyimpan gambar tanpa harus mendownloadnya. Caranya: tekan menu->halaman->conten->semua gambar, pilih gambarnya dan simpan.
5. Editor teks, menu ini berfungsi untuk mengedit file yang berhubungan dengan teks termasuk html, class dsb. Caranya: tekan menu->menuju->file manager, lalu pilih file yang akan diedit dengan menekan menu->buka->teks/win. Setelah filenya terbuka tinggal edit dengan menekan menu lagi dan pilih edit->teks/semua. Kalau sudah simpan.
6. Anda dapat merubah warna bacround sendiri, pada v3.12 dengan menekan menu->opsi->pengaturan->tampilan->tuning.
7. Membuat tombol singkat pada v3.12 untuk berpindah dari satu window ke window yang lain dengan satu klik tombol. Misal, tombol no.3, caranya: tekan menu->opsi->pengaturan->tampilan->control.

Download Opmin 3.12 modif

Opmin 4.2 handler multi windows