Seiring perkembangan teknologi, akses internet mobile kian jadi santapan utama para ‘pengelana’ maya. Meski demikian, performa akses internet yang tidak stabil terkadang mengganggu keasyikan selancar internet. Maklum, pertumbuhan pengguna yang pesat belum sebanding dengan keleluasaan bandwidth yang ditawarkan operator.

Buat yang ingin akses internet ponselnya melenggang lebih cepat dan stabil, tak ada salahnya menambah aplikasi akselerator yang kini sudah tersedia untuk ponsel. Bahkan, jika dikolaborasikan dengan browser pihak ketiga, performanya diklaim bisa lebih ‘ngacir’.

Ada dua aplikasi akselerator yang bisa dicicipi, yakni Network Acc dan Pinger. Keduanya memang dirancang untuk mengoptimalkan performa internet di ponsel. Tak hanya browsing saja, streaming, download maupun messaging bakal bisa lebih optimal.

Network Acc

Ini adalah aplikasi garapan emobistudio yang dirancang untuk ponsel yang berbasis Java (J2ME), Syimbian, Windows Mobile dan BlackBerry. Teknologi optimalisasi yang diterapkan aplikasi ini sanggup menyempurnakan beberapa parameter utama jaringan browsing untuk mencegah fragmentasi data dan meningkatkan throughput data. Hasilnya kegiatan browsing, download, bermain game online hingga akses email akan lebih cepat.
Untuk mendapatkan aplikasi ini, kita bisa mengakses situs resminya di http://www.emobistudio.com/download_networkacc.asp atau langsung dari browser ponsel di http://wap.emobistudio.com
Namun sebelumnya kita diminta untuk melakukan beberapa pengaturan terlebih dulu. Silahkan atur sesuai dengan ponsel anda. Dari mulai pilih OS, type server, Negara, operator, type koneksi, dsb. Kita juga bisa melakukan pengaturan di menu ‘setting’ sesuai kebutuhan.
Setelah proses pengaturan selesai, klik menu dan pilih ‘Accelerate Now!’. Dalam tahap ini, aplikasi secara otomatis akan mendeteksi dan menganalisis system, setting jaringan, menyimpan pengaturan jaringan yang baru serta mengaktivkan performa modifikasi jaringan tersebut.
Berikutnya kita harus mengatur aplikasi tersebut agar bisa bekerja di ‘belakang layar’. Masuk ke menu, dan pilih ‘Hide’. Selesai.

Note: Jika download dengan hp, sebaiknya gunakan browser hp yang bisa download manager. Seperti Bolt, UCweb, opmin 311/312. Agar hasil download tidak langsung diinstall. Karena aplikasi ini fersi trial, jadi meski pertamanya gratis, selang beberapa hari anda akan diminta untuk registrasi di site pemiliknya pertanda masa aktiv gratis aplikasi ini berakhir. Untuk mengantisipasinya, hapus aplikasi yang sudah terinstall, kemudian lakukan penginstalan ulang dari master aplikasi yang didownload tadi. Selamat mencoba.