T eknologi kian pesat saja. Terbukti dengan majunya sarana komunikasi dan komputerisasi mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang memudahkan kita berkomunikasi. Bukan dalam lingkup lokal saja, melainkan lintas negara sedunia ini. Untuk menunjang kita dalam belajar bahasa asing dahulu orang memburu kamus yang tebal agar komplit dalam mencari kosakata yang diinginkan. Namun di era teknologi ini kita dimudahkan dengan adanya kamus elektronik. Dulu kita mengenal alfa link. Sebuah alat yang mirip kalkulator yang mampu menterjemahkan bahasa inggris ke bahasa indonesia atau sebaliknya. Dalam komputer juga ada software translator multi bahasa, yang dapat menterjemahkan kata, bahkan sebuah paragraf yang secara otomatis langsung diterjemahkan ke bahasa yang dikehendaki.

Ada 2 aplikasi untuk translate bahasa pada ponsel kita:

1. English-Indonesia dictionary (kamus Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggris).
Aplikasi ini dirancang untuk semua hp yang mendukung java (J2ME) midp 2.0 keatas. Kamus ini mempunyai kapasitas kata yang tak terhingga. Saking komplitnya saya tidak tahu berapa juta kata yang tersedia. Buktinya semua kata yang saya cari ketemu. Satu lagi, aplikasi ini bekerja secara offline. Jadi tidak perlu sambungan internet.

2. Google Translator Tool.
Sekarang google telah mengeluarkan aplikasi yang dirancang untuk ponsel yang mendukung java (J2ME). Aplikasi ini mampu menterjemahkan beberapa bahasa di dunia. Bahkan bukan hanya ‘kata’ sebuah paragraf yang ditulis secara beraturan dapat diterjemahkan langsung dalam sekejap. Bedanya, aplikasi ini membutuhkan sambungan internet. Tapi ini dengan trik handler, mungkin bisa saja gratis. Coba gunakan operator celluler yang lagi membuka gratisan.

PD English-Indonesia.jar
GTransTool141HandlerUI142.jar