Opera mini, dalam fungsi dan perannya di dunia blogging lewat ponsel menduduki peringkat pertama sebelum aplikasi yang lainnya. Betapa tidak, keterbatasan browser bawaan hp dalam mengakses web mungkin jadi alasan utama. Bahkan pertama kali kita mendaftar blog dalam hal ini saya memfokuskan pada blogger (blogspot) harus menggunakan browser operamini. Ya sebenarnya browser lain juga bisa tapi saya rasa itu yang paling nyaman untuk ngeblog. Lalu apa saja yang bisa dilakukan opera mini dalam urusan nge-blog? Berikut Saya kupas operamini 5:

1. Untuk mendaftar blog di http://www.blogger.com, untuk posting, edit tata letak dan mengatur blog lebih nyaman
2. Mengedit template blogger. Caranya: untuk opmin 5beta2, tekan tombol menu kiri ponsel, untuk menampilkan menu opmin 5. Saat muncul tanda panah, scroll tombol ke bawah dan temukan ‘full screen edit’ pada posiri ‘of’ agar semua kode template muncul. Untuk opmin 5 final pengaturan tersebut sudah otomatis muncul di kolom pengeditan. Edit template anda dan simpan.
3. Untuk mem-back up template dan menyimpannya di hp. Caranya: Login ke blogger, pilih tata letak (rancangan) lalu pilih edit html, kemudian klik ‘Download template lengkap’, lalu simpan dimana saja anda suka.
4. Meng-upload template baru ke blogger. Caranya: pada edit html, di bawah ‘Download template lengkap’ upload template baru anda di sana.
5. Copy-paste artikel dari site lain, arahkan mouse pada text yang ingin di copy, kemudian tekan tombol no.1 di hp anda, lalu pilih ‘select text’ dan tekan ‘mulai/star’ lalu pilih copy, dan pastekan di postingan anda.
Jugauntuk membuka gambar yang tidak bisa diklik. Caranya: arahkan mouse pada gambar, tekan tombol no.1 di hp anda, lalu pilih ‘open image’. Dalam komputer, ini adalah fungsi tombol klik kanan. Sekian dulu fungsi opmin 5 untuk ngeblog. Nantikan fungsi aplikasi lainnya pada postingan selanjutnya.