Untuk ngeblog via hp kita membutuhkan aplikasi text editor. Gunanya adalah untuk mengedit template blog kita. Dari sekian banyak tutorial blogging di dunia maya ini tidak lepas dari pengeditan template. Untuk mengoptimalkan fitur blog, sampai desain tampilan untuk mempercantik blog hampir semuanya mengutak-atik template. Salah sedikit saja dalam pengeditan, maka berakibat fatal. Tampilan blog kita akan rusak tidak teratur. Untuk itu, pada bagian ini kita harus extra hati-hati karena ini merupakan bagian inti dari blog. Pada tutorial ‘Ngeblog via HP’ sebelumnya, telah dijelaskan cara mengedit template dengan operamini 5. Sebenarnya itu kurang maksimal. Mungkin untuk sekedar mengganti kode warna, mengganti sisipan kata dan tanda baca masih ok. Tapi jika kita dituntut untuk menyisipkan kode script, ini akan menjadi dilema besar. Editor text Operamini tidak mampu melakukan ini, sedangkan untuk menggunakan full screen edit on, hp java tidak mampu membuka karakter lebih dari 5.000 karakter. Mungkin ini bisa saja dilakukan oleh hp sekelas windows mobile atau symbian 3rd edition, saya sendiri kurang tahu karna saya belum pernah menggunakannya. Saat ini untuk mendesain blog ‘Azahidin.blogspot.com’ atau domain ‘www.azzahid.co.cc’, saya menggunakan Sony ericsson W580i dengan resolusi layar 240×320 px. Sebelumnya saya gunakan SE K618 176×220 px. Inilah rahasia saya dalam mendesain blog mengedit template dengan ‘Moby Explorer’. Apa saja kelebihannya? Mari kita bahas.

1. Mengedit file (.txt), (.xml), (.htm), (.php) dsb.
Pernahkah anda menemukan file dengan extensi tersebut? biasanya isi file itu berisi text atau kode html bahkan kode php. Caranya:
–>Pastikan file tersebut sudah berada di memory card/memory telepon anda. Jalankan Moby explorer, pertama muncul memory ‘c/’ (phone) dan memory ‘e/’ (card). Pilih dimana anda menyimpan file tersebut tadi. Jika sudah ketemu, pilih ‘menu’ ->’text editor’, lalu gulir joystik ke kanan dan ‘open’ akan terbuka semua text atau kode html sebanyak apapun. Untuk mengeditnya:
Tekan menu–>edit. Pastikan text/kode yang akan diedit tampil dilayar HP anda, karena moby explorer dalam editor text nya tidak menampilkan semua text/kode, tapi hanya mengedit yang tampak di layar HP saja. Jadi mudah bagi kita untuk mengedit kode yang letaknya di tengah sekalipun. Untuk mempermudah pencarian, gunakan fasilitas pencarian. Caranya, setelah isi file terbuka, tekan menu->find->gulir kanan dan masukan text/kode yang ingin dicari, lalu ‘ok’. Jika ada, maka kode yang dicari akan ditampilkan dalam keadaan di-block. Jika sudah selesai pengeditan, tekan ‘save’ atau ‘save as’.

2. Untuk membuat file sendiri.
Semua jenis file yang mengandung unsur text dan html code dapat dibuat dengan Moby explorer. Caranya:
Jalankan aplikasi, pilih hendak dimana anda menyimpan filenya nanti. Misal di ‘e/’. Tekan ‘e/’. Setelah terbuka, Tekan ‘menu’->text editor->gulir kanan->New file->gulir kanan->ada dua pilihan: empty file, untuk membuat file seperti .txt, .htm, .php, xml dsb. Sedangkan html doc, khusus untuk membuat dokumen html.

Perlu diketahui bahwa template blogger file nya berextensi (.xml). Jika sebelumnya anda sudah memback up template dengan mendownload template lengkap, file hasil download berakhiran .xml, itu jangan dirubah. Untuk namanya bisa dirubah sesuai keinginan anda, misal: (mytemplate.xml) carilah di google template blogger jika anda ingin mencoba template baru dengan ciri file berakhiran (.xml) Jadi, jika anda ingin mengedit template blogger lewat hp, gunakan aplikasi Moby explorer. Untuk mendownload aplikasi ini klik di sini. Selamat mencoba. Nantikan artikel selanjutnya mengenai ‘Ngeblog via HP’.