SESony Ericsson file manager. Sesuai dengan namanya, Aplikasi ini khusus untuk pengguna ponsel Sony ericsson. Sebenarnya, fungsi aplikasi ini hampir sama dengan Mobi explorer. Hanya saja, ada satu fungsi yang tidak bisa dilakukan oleh moby explorer, yaitu ‘extract’ file. Ini yang akan kita bahas pada tutorial Ngeblog via HP kali ini.

Kadang dalam mendesain blog, kita belum merasa puas dengan template blog kita. Kita bisa mencarinya yang sesuai dengan keinginan kita lewat google. Tapi sangat disayangkan jika file template yang kita dapatkan bukan berextensi (.xml) melainkan (.zip). Pastinya tidak bisa diinstal dong. Perlu diketahui bahwa file (.zip) merupakan file pembungkus dari file-file lain. Di dalam zip bisa terdapat lebih dari satu file asli. Seperti .xml, .txt, .jar, .sis dsb. Jadi, yang harus kita lakukan adalah membuka file zip tersebut agar isinya dapat kita ambil. Dalam istilah ilmu komputer, hal ini dinamakan ‘Extrak’ file. Dalam hal ini sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa melakukan hal ini. Tapi kali ini saya akan membahas SE file manager.

Untuk fungsi yang lainnya silahkan pelajari saja dari Moby explorer. Untuk mengextrak file zip, langkahnya:
*Buka SE File manager. Pilih dimana anda menyimpan file zip, misal di folder e/: ketika file zip ditemukan, tekan joystik tengah hp anda. Maka akan terbuka isi file yang terkandung di dalamnya. Arahkan tombol ke file itu, tekan pilihan ->archive->lalu’ extrak’. Jika isi filenya banyak, tandai dan pilih ‘extrak all’. Setelah proses pengextrakan selesai, keluar aplikasi dan cari folder baru yang terbentuk dengan nama sama seperti nama file zip tadi. Buka folder tersebut, dan isi file akan terdapat di sana. Siap untuk digunakan.

Untuk mengextrak file jar:
*File jar juga berisi banyak file, namun file-file tersebut hanya dikhususkan untuk aplikasi tersebut. Ini mungkin dibutuhkan bagi seorang programmer yang ingin mengedit aplikasi. Caranya sama dengan yang di atas. Selamat mencoba. Nantikan Tutorial yang lain.
Download SE File manager di sini