Dalam berinternet, kadang orang mencoba inovasi baru. Dari mulai mengedit server gratisan, hingga memodifikasi tampilan browser untuk hp atau aplikasi jenis lainnya. Seperti yang akan saya jelaskan berikut adalah sedikit dari proses modifikasi aplikasi hp.

Kita tahu bahwa semua aplikasi hp memiliki gambar icon sendiri. Biasanya icon tersebut sesuai dengan jenis aplikasinya. Seperti Opera mini, biasanya dengan icon huruf (O), aplikasi Quran mobile biasanya dengan gambar quran. Sebenarnya, Semua gambar icon tersebut bisa kita rubah sendiri sesui keinginan kita. Pada tutorial ini saya tetap memfokuskan pada ponsel (HP). Jika kita kreatif, sebenarnya banyak sekali manfaat HP kita yang tak kalah dengan komputer. Nah, bagi anda yang belum punya komputer jangan khawatir. Anda bahkan bisa melakukan layaknya seorang programmer komputer. Ikuti terus langkah demi langkah hanya di blog ini.

Untuk mengganti icon aplikasi di hp, ada beberapa aplikasi yang perlu anda miliki:
1. Image resize
2. Mini commander
sebelumnya pastikan aplikasi yang akan dirubah icon nya masih mentah (belum diinstall).

1. Image resize, aplikasi ini berfungsi untuk mengubah size (ukuran) gambar. Sebelum mengubah icon aplikasi, anda harus menyiapkan gambar dengan ukuran kecil. Sebab jika ukurannya terlalu besar, gambar tidak akan terlihat pada hp java. Disamping itu juga, ukuran aplikasi nantinya terlalu besar dan akan berat untuk diinstall. Untuk itu kita rubah ukuran gambarnya, umumnya ukuran gambar icon aplikasi kurang lebih 25×25, artinya tinggi dan lebarnya masing-masing 25 atau lebih sedikit.
Cara merubah ukuran, jalankan aplikasi image resize. Masuk ke folder image dalam hp anda. Pilih gambar yang akan dirubah ukurannya. Kemudian pada kolom width dan height, isikan angka 25 lalu tekan ‘Save as’, tekan ‘options’ lalu pilih ‘choose the current’. Pada file name ganti dengan “i” (pake huruf kecil), atau “icon” pada format pilih ‘png’, lalu OK. Biarkan proses pengubahan berjalan sampai selesai (complited). Kemudian keluar aplikasi dan lihat hasilnya di folder image. Gambar anda sekarang sudah berubah kecil dengan ukuran 25×25, nama gambar “i”, jenis file ‘png’. Secara lengkapnya ‘i.png’. Atau jika namanya ‘icon’, akan menjadi ‘icon.png’. Ket: pada operamini biasanya pakai i.png, pada aplikasi lain biasanya icon.png. Sesuaikan.

2. Langkah kedua, buka aplikasi Mini Commander. Disana, ada dua menu di bagian kiri dan kanan. Di bagian kiri, silahkan brows dan cari dimana file gambar i.png/icon.png yang tadi anda buat. Arahkan mouse tepat pada file tersebut. Lalu pindah ke menu sebelah kanan. Cara pindahnya, tekan tombol ok di sebelah kiri atas pada hp anda (bukan tombol call). Jika mouse sudah berpindah ke menu kanan, brows dan cari folder dimana master aplikasi (aplikasi yang belum diinstall) disimpan, misalnya pada folder ‘other’ untuk hp SE. Tekan ok dengan joystik tengah, maka terbuka isi file-file aplikasi tersebut. Cari file i.png/icon.png, kemudian hapus dengan menekan tombol ‘c’ pada hp atau tekan no.8. Setelah itu, kembali ke menu kiri dengan cara di atas. Arahkan mouse tepat pada file i.png/icon.png, lalu tekan tombol no.5 pada hp, replace existing biarkan saja, langsung tekan OK. Biarkan proses berjalan sampai selesai. Sampai di sini, sudah selesai. Sebelum keluar aplikasi, cek dulu di menu kanan apakah file i.png atau icon.png sudah ada. Silahkan install aplikasi tersebut atau kirim ke teman anda. Waw…hebat gambar anda muncul di icon aplikasi. Selamat berkreasi.

Download kedua aplikasi tersebutdi sini