Saat membuka suatu blog, kadang kita sering merasa kesal dengan loading nya yang cukup berat. Apalagi saat koneksi internet ‘low’, bisa-bisa blog tersebut tidak bisa dibuka sama sekali. Mengapa demikian? Apa penyebabnya? Kemungkinannya:
1. Blog anda terlalu banyak gambar yang beresolusi tinggi.
2. Banyak widget yang bertebaran di blog anda. Ini juga akan menguras bandwitc anda hingga loadingnya berat.
3. Terlalu banyak tulisan (text).

Lalu bagaiman menanggulangi hal tersebut? Haruskah kita buang gambar atau widget-widget tersebut supaya ringan saat loading? Disisi lain, kita sangat membutuhkannya. Tenang sobat…sekarang ada solusi. Anda tidak perlu membuang widget itu, tapi cukup dengan menyembunyikannya (hidden). Systemnya, kita gunakan tombol open-close. Jadi, saat tombol open tidak diklik, maka widget tidak akan terlihat seolah tidak ada. Tapi jika diklik, maka widget terbuka dan bisa ditutup lagi dengan menekan tombol ‘close’. Mau tahu caranya?

1. Sandingkan script Buka layar berikut pada menu link lain, atau bisa juga dengan menambah gadget baru pada blogger anda. Tampilan script ini seperti text link biasa, coba klik BUKU TAMU pada blog ini untuk melihat contohnya. Berikut script

2. Pasang script TUTUP LAYAR berikut pada elemen gadget anda yang mana saja, karena saat tampil, script ini selalu berada di atas dan discroll ke bawah. Berikut scriptnya:

Kelemahan script ini adalah hanya membuat satu bagian widget yang dapat disembunyikan. Untuk yang bisa menyembunyikan beberapa bagian widget, ikuti tutorial ini bagian ke2.